Jumat, September 03, 2010

Pantura Jatim Paling Rawan



Friday, 03 September 2010
PENGIRIMAN PAKET: Sejumlah pekerja mengangkat paket-paket barang di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, kemarin. Pengiriman paket melalui jasa kereta api meningkat menjelang Lebaran.

GRESIK(SINDO) – Peringatan bagi pemudik yang melintas di jalur Pantai Utara (pantura) Jatim.Poros utama itu dinilai paling rawan kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

Pengemudi diimbau ekstra waspada,terutama saat melintas pada malam hari. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Badrodin Haiti menyatakan, potensi terjadinya kejahatan tersebar di hampir semua kota jalur Pantura. Jalur itu di antaranya Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, serta Bojonegoro. “Namun, yang paling rawan adalah Kabupaten Tuban.Di wilayah ini banyak ditemui jalur-jalur sepi dari pemukiman,”tutur Badrodin Haiti kemarin. Jenderal bintang dua kelahiran Jember itu meminta pemudik tidak khawatir karena polisi telah mengantisipasi.

Pengamanan jalur mudik itu antara lain dilakukan dengan menurunkan anggota kesatuan Brimob di titik-titik rawan kejahatan.“ Semua tempat akan kami siagakan petugas.Ini mulai dari H- 4 hingga H+7,”papar perwira tinggi yang dikenal tegas itu. Badrodin menyatakan, secara umum keseluruhan jalur mudik untuk Lebaran tahun aman. Artinya, segala kemungkinan tentang hal-hal yang mengakibatkan terganggunya arus mudik telah diantisipasi.Hal itu termasuk soal kemacetan lalu lintas. “Saya berharap perbaikan jalan di beberapa tempat segera selesai. Bila sudah tuntas, kami optimis tidak terjadi penumpukan kendaraan saat mudik maupun arus balik,” urainya.

Langkah antisipasi juga dilakukan aparat Polres Madiun. Mereka siap menerjunkan tim penembak jitu (sniper) dan 182 personel untuk mengantisipasi kejahatan saat Lebaran nanti. Penembak jitu tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik strategis yang ada di wilayah Kabupaten Madiun.Kabag Ops Polres Madiun Kompol Bambang Setiawan menuturkan, jumlah personel yang diterjunkan tahun ini sebetulnya lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 395 orang.Namun, hal itu tidak mengurangi kesigapan dan kesiapan mengamankan Lebaran tahun ini.“Kami akan menurunkan penembak jitu atau sniper yang jumlahnya tidak lebih dari 100 personel,”ujarnya.

Lonjakan Pemudik Ujung-Kamal H-1

Puncak arus mudik 2010 di dermaga Ujung–Kamal dip-erkirakan akan terjadi pada H-2 lebaran. Diperkirakan jumlah penumpang lebaran tahun ini akan mengalami kenaikan sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya Elvi Yosa mengatakan, estimasi arus penumpang tertinggi adalah sebesar 28.571 penumpang. Jumlah penumpang tertinggi itu terjadi pada H-1 lebaran.

“Pada hari itu kami perkirakan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 6.477 unit dan roda empat 348 unit,”paparnya kemarin. Untuk H-2 Lebaran diperkirakan jumlah penumpang sebanyak 23.197 orang. Sementara untuk kendaraan bermotor, yakni kendaraan roda dua sebanyak 4.717 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 382 unit. “Secara umum, kepadatan arus mudik di penyeberangan Ujung–Kamal dan sebaliknya terjadi mulai H-7 hingga H+8. Puncaknya pada H-1,”urainya.

Elvi menambahkan, kekuatan armada pada mudik dan baik Lebaran tahun ini akan dilayani sekitar delapankapal,yakniKapal Tongkol, Kapal Gajah Mada,Kapal Jokotole, Kapal Potre Koneng, Kapal Wicitra D,Kapal S Madura,Kapal S.Madura II,dan Kapal Niaga F2. Apabila dikalkulasikan seluruh armada secara serentak yang beroperasi dalam satu trip akan mampu melayani pemberangkat-an pemudik sekitar 2.605 orang, 132 unit roda empat, dan roda dua 160 unit. “Kapasitas rata-rata dari delapan kapal beroperasi sekali trip mampu memberangkatkan sekitar 326 penumpang,roda empat 17 unit, dan roda empat 20 unit,”tuturnya.

Plt Kepala Dishub Surabaya Eddi mengungkapkan,untuk kesiapan petugas keamanan pada arus mudik Lebaran ini di Ujung–Kamal maupun sebaliknya ditangani seluruh jajaran terkait mulai dari personel PT ASDP, unsur Dishub dan LLAJ Jatim,TNI,Polri,PMI,PT Jasa Raharja,Orari lokal Surabaya dan Madura, serta Pramuka.“Untuk pengamanan akan melibatkan semua instansi terkait,”ujarnya. Untuk tarif penyeberangan masih menggunakan Peraturan Gubernur Jatim No 40/2010 tentang Penyesuaian Tarif Penyeberangan. Tarif ini, misalnya, untuk tiket penumpang dewasa Rp3.700, anak Rp2.700,TNI/Polri/mahasiswa/pelajar Rp3.000, sepeda motor Rp5.800, dan kendaraan penumpang golongan IV Rp35.000.

SPBU dan Puskesmas Buka 24 Jam

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur utama mudik diminta buka selama 24 jam penuh. Hal itu untuk menjamin kelancaran pemudik yang melakukan perjalanan mudik Lebaran. “PT Pertamina sudah meminta semua SPBU yang ada di jalur utama mudik untuk buka 24 jam penuh,termasuk di wilayah V dan VI.Ini untuk melayani jual beli bahan bakar minyak (BBM),terutama premium,” papar Sales Representative PT Pertamina Unit Pemasaran Wilayah V dan VI Fanda Chrismianto.

PT Pertamina Unit Pemasaran Wilayah V meliputi enam kabupaten/ kota di wilayah eks Karesidenan Madiun ditambah Kabupaten Nganjuk dan Wilayah VI meliputi enam kabupaten/kota di wilayah eks Karesidenan Kediri ditambah Kabupaten Jombang. Kepala Operasional PT Pertamina (Persero) Depot Madiun Edy Saputra menjamin stok BBM selama arus mudik dan arus balik Lebaran mencukupi.Stok BBM di Depot Madiun setiap harinya, yakni premium rata-rata 3.000 kiloliter (kl) atau 3 juta liter (L),minyak tanah 1.200–1.300 kl, solar 3.000– 4.000 KL,dan pertamax 700 KL.

Selain SPBU, puskesmas dan rumah sakit juga diminta buka selama 24 jam penuh selama arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung. “Seluruh puskesmas wajib siaga selama 24 jam,terutama unit gawat darurat (UGD) di jalur mudik,“ tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Madiun Aries Nugroho, kepada SINDOkemarin Dia memaparkan,total puskesmas yang ada di Kabupaten Madiun sebanyak 25 unit.

Menghadapi mudik 2010 ini mereka telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk masing-masing puskesmas, termasuk petugas medis, kendaraan, obat-obatan, berikut dokter yang harus bekerja selama arus mudik dan balik Lebaran H-7 hingga H+7 Lebaran mendatang. (ashadi ik/muhammad roqib/ deny bachtiar/subairi)

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP