Minggu, Agustus 29, 2010

Hari Ini Tugas Robbach Berakhir

Sunday, 29 August 2010
GRESIK (SINDO) – Masa tugas Bupati Gresik Robbach Ma’sum dan wakilnya,Sastro Soewito,telah purna pada Selasa (31/8) besok.Artinya,pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung PKB itu menjalankan tugas terakhir,Senin (30/8) hari ini.


Namun,hingga kemarin belum ada surat dari gubernur terkait penunjukan pelaksana tugas (Plt) bupati, pascalengsernya pasangan Robbach Ma’sum-Sastro Soewito. Sementara pelantikan pasangan Bupati- Wakil Bupati Gresik terpilih, Sambari Halim Radianto-M Qosim (SQ),juga molor. Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf menuturkan, terkait masalah ini, gubernur akan menunjuk Plt Sekda Mohammad Najikh sebagai Plt bupati. ”Bila sampai bupati lengser pasangan bupati yang terpilih belum dilantik, maka yang menjabat adalah Plt Sekda,”ungkap Syaifullah Yusuf di sela-sela mengikuti peringatan Nuzulul Quran bersama manajemen PT Semen Gresik (Persero) Tbk di Wisma A Yani,Sabtu (28/8) malam.

Gus Ipul mengaku mereka sudah konsultasi masalah ini dengan Biro Pemerintahan. ”Ternyata surat penunjukan Pak Gubernur (Soekarwo) untuk Plt Bupati Gresik baru turun besok (hari ini),” tegas mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu. Dia memaparkan,Plt Bupati tidak boleh membuat keputusan terkait kebijakan strategis. Dia memberikan contoh mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Gresik.Sebab, kebijakan strategis tersebut kewenangan pasangan bupati-wakil bupati yang definitif atau terpilih. Penunjukan Plt bupati tersebut bertujuan agar pelayanan publik tidak terbengkelai,apalagi sampai terhenti.

Pasalnya, itu bisa merusak citra pegawai negeri sipil (PNS). ”Sampai bupati dan wakil bupati terpilih belum dilantik, kami hanya berpesan bahwa pelayanan publik harus diutamakan. Jangan sampai bermasalah hanya gara-gara belum ada bupatinya,” tegas Gus Ipul. Pelantikan pasangan SQ hingga saat ini belum ada kepastian. Kendati KPU Gresik sudah melakukan pleno penetapan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pasangan SQ memenangi pencoblosan ulang di sembilan kecamatan pada Kamis (26/8) lalu. Bahkan, Jumat (27/8) surat pemberitahuan penetapan untuk pelantikan sudah dikirim ke DPRD Gresik.

”Tugas kami tinggal menunggu kepastian pelantikan.Tugas kami sudah selesai karena pelantikan menjadi kewenangan DPRD Gresik,”papar Abdul Basid, anggota KPU Gresik. Wakil Ketua DPRD Gresik Susiyanto mengungkapkan bahwa mereka sudah menerima surat permohonan pelantikan dari KPU untuk diteruskan ke Mendagri melalui gubernur.Namun, semuanya harus melalui mekanisme yang berlaku.

”Kami sudah melakukan rapat internal di badan musyawarah untuk membahasnya.Kemungkinan secepatnya akan kami kirim ke gubernur,”ungkapnya. (ashadi ik)

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP