Senin, Agustus 30, 2010

SQ Menang, Pengaduan Humas Pun Hangus

Senin, 30 Agustus 2010
GRESIK – Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan pasangan Sambari Halim Radianto-M Qosim (SQ) sebagai pasangan terpilih, 18 pelanggaran yang dilaporkan tim pemenangan Husnul Khuluq-Musyaffa’ Noer (Humas) diabaikan.

Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) menyatakan laporan-laporan tersebut “hangus”, meski sebenarnya ada yang mengacu pada tindak pidana, seperti praktik money politics.

Ketua Panwaskab Gresik, Mohammad Toha, sempat kebingungan saat ditanya kelanjutan proses pelanggaran yang dilaporkan tim Humas.

Dia berdalih laporan-laporan yang diserahkan Humas banyak yang belum sempurna dan dinyatakan hangus. Alasannya, hingga 14 hari setelah ditemukan pelanggaran, batas waktu yang ditetapkan undang-undang, pihak Humas tidak bisa melengkapi bukti-buktinya.

“Laporan banyak yang masih kurang, dan hingga 14 hari belum juga dilengkapi. Jadi kami tidak bisa memproses laporan yang diserahkan Humas,” kata Toha, Senin (30/8).

Sebenarnya ada satu laporan yang telah lengkap, lanjut Toha, tapi pelapor tidak hadir saat diundang Panwaskab untuk dimintai klarifikasi. Tapi Toha enggan menyebutkan laporan apa itu. “Saya lupa kasusnya. Pastinya, pihak pelapor tidak datang saat kami mintai klarifikasi, jadi kami juga tidak bisa memproses laporan ini,” tandasnya.

Sementara itu, ke-18 berkas laporan pelanggaran yang diserahkan Humas ke Panwaskab adalah pelanggaran-pelanggaran yang diduga dilakukan oleh pasangan SQ pada pada saat dan sebelum pemungutan suara ulang Pilkada Gresik 8 Agustus lalu.

Di antaranya praktik money politics, black campaign, dan ketelibatan pegawai negeri sipil (PNS). Pelanggaran itu terjadi hampir di sembilan kecamatan coblos ulang yaitu di Kecamatan Driyorejo, Kedamean, Menganti, Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Duduksampeyan, Bungah, dan Kebomas.

Tidak satupun laporan diproses oleh Panwaskab, dengan alasan laporan dan bukti-buktinya tidak lengkap. Artinya kinerja Panwaskab selama ini harus dipertanyakan, sebab pencarian bukti itu sebenarnya juga tanggungjawab Panwaskab. sep

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP