Kamis, Agustus 19, 2010

Nelayan Tradisional Bawean Tangkap Nelayan Masker

Kamis, 19 Agustus 2010
Reporter : Abrari BW

Bawean (beritajatim.com) - Nelayan tradisional Dusun Dedawang, Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, Bawean, menangkap dua perahu nelayan masker yang berasal dari Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kamis (19/8/2010) dini hari.

Kedua perahu nelayan masker tersebut, ditangkap warga saat diketahui menyelam di sekitar perairan nelayan tradisional setempat. "Mereka kita tangkap saat menyelam di sekitar perairan disini," jelas Fauzi salah seorang nelayan tradisional setempat.

Para nelayan masker yang berjumlah sembilan orang tersebut, akhirnya digiring oleh warga ke daerah pantai setempat untuk diamankan, dan dari kesembilan nelayan masker tersebut, warga berhasil mengamankan dua perahu dan sejumlah peralatan menyelam.

Rencananya kasus tersebut akan diserahkan pada Pol Air Bawean untuk diproses secara hukum. "Kasus ini sudah kita laporkan pada kepala desa agar diteruskan ke Pol Air Bawean," tutur Fauzi.

Warga juga berharap agar ada ketegasan hukum dalam menyikapi persoalan nelayan masker tersebut. "Selama ini penegakan hukumnya kan tidak jelas, bahkan setiap warga menangkap nelayan masker kita juga tidak tahu bagaimana proses penyelesaiannya," ujar Dari Nazar salah seorang tokoh masyarakat nelayan setempat.

Dikonfirmasi via ponsel, Kanit Pol Air Bawean, Bigadir Andi Winarno menuturkan sudah menerima informasi dari warga tentang adanya aksi penangkapan tersebut. Meski demikian, pihaknya masih akan melakukan kajian dan oleh TKP untuk menentukan langkah selanjutnya. "Kami juga sudah mendapat informasi tentang adanya penangkapan nelayan masker itu," jelas Brigadir Andi Winarno.

Seperti telah diinformasikan bahwa nelayan masker adalah nelayan yang menggunakan kompresor angin sebagai alat bantu pernafasan untuk menyelam. [abr/kun]

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP