Minggu, September 26, 2010

Bursa Sekda Gresik Menguat

Sunday, 26 September 2010

GRESIK(SINDO) – Pasangan bupati-wakil bupati Gresik terpilih,Sambari Halim Radianto-M Qosim (SQ),Senin (27/9) hari ini,dijadwalkan bakal dilantik oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Bupati setempat.

Menyusul pelantikan itu,kini yang mulai hangat dibicarakan adalah bursa sekretaris daerah (sekda). Informasi yang dihimpun harian SINDO,beberapa nama pejabat pemkab dinilai layak menduduki posisi sekda.Mereka di antaranya Mokh Najikh (Plt Sekda dan Bupati yang juga menjabat Kepala Dinas Perizinan), Hari Sucipto (Kepala Badan Kependudukan dan Catatan Sipil), Saputro (Kepala Dinas Tenaga Kerja), Tugas Huni Syarwanto (Kepala Dinas Pekerjaan Umum), M Najib (Kepala Bappeda), Bambang Isdianto (Asisten III Setda), dan Agus Muljono (Kepala Dinas Perhubungan). Namun, dari beberapa nama tersebut, kini mulai mengerucut. Ada tiga nama yang dianggap paling berpeluang, yakni Agus Muljono, Bambang Isdianto,dan M Najib.

Ketiganya mempunyai keunggulan masing-masing. Bambang Isdianto dinilai layak karena tingkat resistensinya untuk urusan internal relatif kecil.Begitu juga M Najib yang dianggap cukup berpengalaman.“ Pak Najib itu orangnya tengah-tengah,tidak berpihak dan tidak ikut-ikut saat pilbup kemarin,” ujar salah satu pejabat di lingkungan Pemkab Gresik. Peluang Agus Muljono pun cukup besar. Selain dikenal senior dan pernah menduduki beberapa jabatan kepala dinas,dia cukup piawai pula dalam berkomunikasi dengan komunitas di luar pemda. Bahkan, pejabat yang dikenal buruh dengan sebutan Abah itu mempunyai jaringan kuat di Pemprov Jawa Timur melalui jaringan alumnus Unair,Surabaya.

Kendati begitu, Kadishub Gresik Agus Muljono mengaku tidak begitu berambisi menduduki posisi sekda. Bagi dia, pengabdian dan kerja lebih penting daripada hanya mengejar jabatan. Sebab, bagi dia jabatan bersifat sementara, sedangkan pengabdian dan kerja keras adalah moto dalam hidupnya. ”Semua yang dibebankan kepada saya adalah amanah,”tutur pendiri Koperasi Ikatan Alumni (Ika) Justisia Fakultas Hukum Unair tersebut. Beberapa jabatan yang pernah diembannya, yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker); Kepala Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi,dan UKM; serta Kepala Dinas Perhubungan Gresik. Sekretaris DPD Partai Golkar Gresik Ahmad Nurhamim mengatakan, beberapa nama yang mencuat untuk dicalonkan sebagai sekda tersebut memang layak masuk bursa.

Bahkan,legislator yang juga ketua tim pemenangan itu menyebut ada lima nama.Namun, dia tidak menyebut lima nama yang dia maksud. ”Sedikitnya ada lima hingga tujuh pejabat yang dinilai layak menjadisekda.Selainsenioritasdan kepangkatannya memenuhi syarat, juga dinilai mampu mengakomodasi kepentingan politik pasangan SQ,”papar salah satu pejabat yang enggan disebut namanya. (ashadi ik)


coverjatim

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP