Senin, September 27, 2010

300 Calon TKI Tertipu Makelar

Monday, 27 September 2010
BLITAR (SINDO) – Tenaga kerja Indonesia (TKI) tak hanya babak belur di negeri orang.Belum berangkat pun, mereka sudah susah. Ini seperti nasib 300 calon TKI yang ditipu calo alias makelar asal Kabupaten Blitar.

Para korban sebagian besar warga Kabupaten Lamongan yang berjumlah 60 orang.Sisanya berasal dari Bojonegoro,Kediri, Tulungagung, dan Blitar.Mereka mengaku telah menyetor uang rata-rata Rp2.000.000 kepada Ali Rohmad,warga Desa Gogodeso, Kanigoro,Kabupaten Blitar. Rata-rata setiap korban yang mantan TKI Timur Tengah ini tergiur dengan tawaran gaji Rp6 juta/ bulan dengan biaya pemberangkatan relatif murah.

Untuk bisa berangkat ke Belanda, Ali Rohmad mematok tarif Rp3,5 juta per orang dengan pembayaran awal Rp2 juta. Menurut Mulyono, 27, salah satu korban asal Desa/Kecamatan Sugiyo,Kabupaten Lamongan, dia dan sejumlah temannya dijanjikan bisa bekerja di dalam proyek pembangunan jembatan di Negeri Kincir Angin, Belanda. Namun, sampai tiba waktu pemberangkatan, seperti tertuang dalam surat perjanjian tertulis,Ali Rohmad tak pernah menampakkan batang hidungnya. “Janjinya pada Juli 2010 kami berangkat.

Namun, ternyata tidak berangkat juga sampai sekarang,“ ujarnya seusai menemui anggota DPRD Kabupaten Blitar . Berkali-kali dia mencoba menghubungi Ali Rohmad, tapi tidak bisa. Saat bisa dihubungi, Ali Rohmad yang mengaku sebagai petugas lapangan (PL) PT Widya Karya (WK) Jakarta itu terus menghindari pertanyaan para calon buruh migran. Saking jengkelnya, sekitar 300 calon TKI yang merasa ditipu mendatangi rumah Ali Rohmad.

Namun, Ali Rohmad, menurut Endang (istri Ali Rohmad), sedang berada di Jakarta dalam rangka menyelesaikan urusan yang dia sendiri tidak tahu.“Kami meminta uang kami dikembalikan,“ tegas Mulyono. Kemarin para calon TKI korban penipuan ini didampingi LSM Serikat Buruh Migran Blitar (SBMB) serta Paguyuban Peduli Perempuan dan Buruh Migran (P3BM).

Para korban dibawa ke DPRD Kabupaten Blitar. Kepada para korban, istri Ali Rohmad hanya berjanji segera memenuhi tuntutan 14 korban. Sebab,dia memang terlibat sebagai saksi dalam surat perjanjian. Sementara sisanya masih dipertimbangkan. (solichan arif)

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP