Rabu, Agustus 11, 2010

Satu Kampung di Jombang Belum Puasa

Rabu, 11 Agustus 2010
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) - Meski pemerintah dan sejumlah ormas sudah menetap awal Ramadan 1431 Hijriyah jatuh pada Rabu (11/8/2010) hari ini, namun hal itu tidak berpengaruh bagi warga Dusun Kapas, Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Jombang. Betapa tidak, saat ini warga dusun tersebut masih bebas untuk makan dan minum alias belum menjalankan ibadah puasa.

Bukan hanya itu, sejumlah warung di dusun itu juga tetap buka seperti biasanya. Bahkan, warung-warung tersebut tetap dipadati oleh pembeli. "Seluruh warga desa baru melakukan ibadah puasa Ramadan Kamis besok. Ini sudah menjadi keputusan ulama desa ini," kata Ali Mansyur, warga setempat usai menikmati secangkir kopi dari sebuah warung, Rabu (11/8/2010) pagi.

Apa yang dilakukan warga tersebut sebenarnya bisa dimaklumi mengingat Dusun Kapas merupakan pusat Jamaah Tarikat Naqsabandiyah Khalidiyah Mujadadiyah al-Aliyah (JTNKMA) yang notabene dalam menetapkan awal Ramadhan selalu lebih lambat sehari dengan penetapan versi pemerintah. Tidak tanggung-tanggung, kondisi itu sudah berlangsung sekitar 10 tahun belakangan ini.

Pimpinan JTNKMA, KH Nasuha Anwar, mengatakan, pihaknya memastikan awal Ramadan jatuh pada Kamis (12/8/2010) besok. Jamaah Naqsabandiyah, kata Nasuha, melakukan rukyat di enam titik yang meliputi pantai Kenjeran Surabaya, pelabuhan Gresik, pantai Tanjung Kodok Lamongan, perbukitan Tunggorono Jombang, bantaran sungai Brantas Jombang, serta Banyuarang, Ngoro.

"Kita sudah menyebarkan orang untuk melakukan rukyat dengan peralatan seperti teropong yang dipinjam dari kementrian agama Jombang. Hanya saja dalam rukyat itu kami tidak berhasil melihat hilal (bulan). Karena tidak berhasil melihat hilal, akhirnya kami melakukan istikmal (penyempurnaan). Dengan begitu, awal Ramadan menurut kami jatuh pada 12 Agustus," kata Nasuha ketika ditemui dirumahnya.

Selain berdasarkan istikmal, hal itu juga berdasarkan perhitungan bulan sebelumnya, yakni Sya'ban. Pada bulan tersebut usianya berjumlah 30 hari, sehingga, tambah Nasuha, dapat dipastikan 1 Ramadan 1431 Hijriyah jatuh pada 12 Agustus 2010 besok.

"Memang apa yang kita putuskan ini berbeda dengan pemerintah. Namun menurut saya, perintah menjalankan ibadah puasa itu datangnya bukan dari pemerintah, namun dari Allah," ujar Nasuha sembari mengatakan bahwa jumlah jamaahnya mencapai 3 ribu orang dan tersebar di pulau Jawa - Sumatera. [suf/kun]

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP