Rabu, Agustus 11, 2010

Rekapitulasi Tingkat PPK Coblos Ulang Gresik Sudah Tuntas

Rabu, 11 Agustus 2010
Reporter : Ahmad Fakhry Rofiqy

Gresik (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik memastikan bahwa perhitungan tingkat PPK di 9 kecamatan yang diulang sudah tuntas hari ini, Rabu (11/8/2010). Demikian diungkapkan oleh Anggota KPU Gresik, Abdul Basid. Dia juga menambahkan, KPU Gresik akan melanjutkan tahapan Pemilu dengan menggelar rekapitulasi tingkat kabupaten, besok, Kamis (12/8/2010) pada pukul 13.00 WIB.

Basid menerangkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan coblos ulang sembilan kecamatan kemarin tidak ada kendala berarti. Kalau pun ada temuan pelanggaran itu adalah ranah panitia pengawas. Hanya saja, dari catatan Basid untuk perhitungan tingkat PPK, ada sekitar tujuh kecamatan yang tidak ada tanda tangan selain saksi pasangan Sambari Halim Radianto-M Qosim (SQ).

Ketujuh PPK yang tidak ada tandatangan saksi selain pasangan SQ yaitu Kecamatan Kebomas, Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Menganti, Kedamean dan Driyorejo. Di kecamatan yang dimenangkan pasangan SQ tersebut, lima saksi dari Husnul Khuluq-Musyaffa’ Noer (HuMas), saksi Bambang Sujartono-Abdullah Qonik (BaNi), saksi Mujitabah-Suwarno (JiWa), saksi Muhammad Nashihan-Syamsul Maarif (Monash-Syamsul) dan saksi Sastro Soewito-Samwil (S2BY).

Sedangkan kecamatan yang dihadiri saksi secara lengkap hanya di Kecamatan Bungah dan Duduksampeyan. Di dua kecamatan tersebut pasangan HuMas unggul. Bahkan, di Kecamatan Bungah pasangan HuMas unggul secara signifikan dibanding dengan coblos regular 26 Mei lalu.

“Ketidak hadiran saksi bukanlah sebuah masalah. Kami akan tetap melaksanakan tahapan coblos ulang rekapitulasi tingkap KPU,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Basid juga menjelaskan jika hasil rekapitulasi KPU tersebut akan dikirim ke MK, rencananya terhitung antara tanggal 13-18 Agustus. Memang untuk mendapat pengesahan, KPU Gresik harus melaporkan kepada MK hasil coblosan ulang tersebut. Dan MK sendiri mempunyai waktu hingga 22 Agustus untuk memutuskan hasil coblos ulang. [fqi/gir]

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP