Kamis, Agustus 12, 2010

Demi Makam Gus Dur, 4,2 Hektar Lahan Dibebaskan



INILAH.COM, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang membebaskan lahan seluas 4,2 hektar yang akan digunakan untuk fasilitas umum di makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Lahan tersebut berada di belakang masjid Ulul Albab Tebuireng, atau berjarak 200 meter dari makam mantan presiden ke-4 tersebut.

Untuk merealisasikan hal itu, pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp9 miliar yang diambilkan dari APBD setempat. Selain untuk membebaskan lahan, anggaran tersebut juga digunakan untuk pembuatan lahan parkir, musala, toilet, tempat rehat dan lokasi pedagang kaki lima.

"Tahun ini pemkab menargetkan pembebasan lahan parkir dan pelebaran jalan selesai. Kita sudah menyediakan anggaran yang bersumber dari APBD sekitar Rp9 miliar. Lahan yang kita bebeaskan seluas 4,2 hektar. Di atas lahan tersebut juga akan kita bangun sejumlah fasilitas umum," kata Agus Riadi, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Jombang, Kamis (12/8).

Agus menceritakan, untuk pembangunan kompleks makam Gus Dur, ia menitik beratkan pada pembangunan fasilitas bagi peziarah. Sebab, sejak tujuh hari hingga sekarang, peziarah di makam Gus Dur tidak pernah surut. Membludaknya peziarah itu secara tidak langsung mengganggu proses belajar santri Tebuireng. Maklum saja, saat ini baik lahan parkir maupun fasilitas umum lainnya belum tersedia.

Selain fasilitas umum, pemkab juga akan mengupayakan pelebaran jalan menuju makam cucu pendiri NU tersebut. Hanya saja, dalam hal ini pemkab Jombang akan meminta bantuan dari APBD Provinsi dan APBN. Pelebaran itu, menurut Agus, mulai dari perempatan Mojosongo ke selatan hingga kawasam Blimbing, Gudo. Dengan rincian, panjangnya 6 kilometer dan lebarnya sekitar 16 meter.

"Untuk pelaksanaannya kami melibatkan dinas terkait seperti Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya," pungkas mantan camat Diwek ini. [beritajatim.com/mut]

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP