Senin, September 13, 2010

Bumi Terbentuk dari Ledakan Bintang



INILAH.COM, Jakarta - Sebuah meteorit yang mendarat di bumi hampir 150 tahun lalu ditemukan mengandung pecahan mikroskopis bintang yang meledak, saat sistem tata surya kita lahir.

Komposisi kimia dari meteorit Orgueil yang melanda Prancis pada 1864 menunjukkan bahwa bintang di dekatnya meledak sebagai supernova sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, tepat ketika planet-planet dari matahari terbentuk.

Penelitian ini bisa memecahkan misteri mengapa tingkat elemen logam, krom, bervariasi dari satu planet dan meteorit dengan yang lainnya.

Studi meteorit yang tertanam dalan butir dikenal sebagai Chondrite, dipimpin oleh peneliti Universitas Chicago Nicolas Dauphas.

Temuan ini secara rinci dilaporkan di edisi Journal Astrophysical 10 September.

Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa kromium 54, yang merupakan isotop dari elemen, beserta unsur kimia lainnya merata di seluruh awan gas dan debu dari sistem tata surya kita yang runtuh.

"Ini adalah sangat bercampur, tapi sepertinya beberapa bahan sampai di sana dan tidak sepenuhnya homogen, dan itu hasil yang cukup menarik," kata Bradley Meyer, seorang profesor astronomi dan astrofisika di Clemson University yang tidak bekerja pada penelitian itu.

Selama empat dekade, para ilmuwan berhipotesis ledakan supernova terjadi sekitar 4,5 miliar tahun lalu yang mungkin memicu kelahiran matahari.

"Tampaknya setidaknya satu bintang besar memberikan kontribusi material terhadap tata surya kita sebelum kelahirannya," kata Meyer dalam sebuah pernyataan.[ito]

0 ulasan:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP