Kamis, Agustus 26, 2010

Sambari-Qosim Pimpin Gresik



Thursday, 26 August 2010

GRESIK(SINDO) – Sambari Halim Radianto-Muhammad Qosim (SQ) bakal memimpin Kabupaten Gresik lima tahun ke depan.Ini setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pasangan tersebut memenangi pemungutan suara ulang di sembilan kecamatan.

Dalam putusannya,MK mengabulkan gugatan pasangan SQ,membatalkan ketetapan hasil rekapitulasi pencoblosan pada 26 Mei oleh KPU Gresik,dan mengesahkan hasil laporan KPU Gresik dalam coblos ulang sembilan kecamatan. MK juga memerintahkan KPU Gresik segera menetapkan pasangan SQ sebagai pemenang pemilihan bupati-wakil bupati. Sebab, setelah penghitungan ulang secara total pasangan SQ mendapatkan suara terbanyak,yakni 285.252 suara.

”Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik untuk melaksanakan putusan ini,”kata Ketua MK Mahfud MD saat membacakan amar putusan kemarin. Sebelumnya MK memerintahkan adanya pemungutan ulang di sembilan kecamatan di Gresik.Pasalnya, MK menilai ada kecurangan yang sistematis,terstruktur,dan masif dalam pelaksanaan Pilbup Gresik.

Dengan demikian, pasangan yang diusung koalisi Partai Golkar dan PKPI tersebut tinggal menunggu pengesahan KPU Gresik dan pelantikan. Menanggapi hal itu, anggota KPU Gresik Abdul Basid mengatakan secepatnya melakukan rapat internal penetapan pasangan calon yang menang sesuai keputusan MK.

”Dengan diterimanya laporan KPU Gresik, maka dalam waktu tiga hari ke depan kami akan melakukan rapat internal untuk penetapan,” tuturnya yang dikonfirmasi melalui ponsel kemarin. Keputusan MK tersebut sudah diprediksikan sejak awal. Pasalnya, gugatan yang diajukan pasangan Husnul Khuluq-Musyaffa’ Noer (Humas) dinilai MK bukan ranahnya, tapi termasuk gugatan pidana.

Bahkan, MK menolak pula gugatan yang diajukan pasangan lain seperti pasangan Sastro Soewito- Samwil (S2BY). Sidang putusan MK yang digelar kemarin adalah rangkaian dari sidang gugatan pasangan SQ kepada KPU Gresik atas penetapan hasil pencoblos pada 26 Mei lalu yang menetapkan pasangan Humas sebagai pemenangnya. Dalam putusan sela,MK memerintahkan KPU Gresik menggelar coblos ulang.

Ada sembilan kecamatan yang diperintahkan melakukan pencoblosan ulang, yakni Kecamatan Bungah, Kebomas, Cerme, Duduksampeyan,Balongpanggang, Benjeng, Menganti, Kedamean, dan Kecamatan Driyorejo. Hasilnya, pasangan SQ mendapat189.285suara, sedangkanpasangan Humas mendapatkan 160.122 suara.

Disusul pasangan Bambang Suhartono-Abdullah Qonik (Bani) 3.645 suara,pasangan Mujitabah-Suwarno (Jiwa) 2.812 suara,pasangan Muhammad Nashihan-Syamsul Maarif (Monas-Syamsul) 2.063 suara, danpasanganSastroSoewito-Samwil (S2BY) dengan 1.558 suara. Rinciannya, pasangan SQ menang di tujuh kecamatan, yaitu di Kecamatan Kebomas, Cerme, Balongpanggang, Benjeng, Menganti, Kedamean, dan Driyorejo.

Sementara pasangan Humas menang hanya di Kecamatan Bungah dan Duduksampeyan. Bila digabung dengan perolehan suara di sembilan kecamatan yang tidak diulang, pasangan SQ membalikkan keadaan dengan mengungguli pasangan Humas yang diusung koalisi PKB-PKNUPPP- Partai Gerindra.Pasangan SQ unggul sekitar 46%, sedangkan Humas hanya mendapatkan 40%.

Putusan MK tersebut disambut gegap gempita pendukung SQ.Pendukung SQ tersebut terpusat di tiga tempat,yakni di rumah Sambari Halim Radianto, Jalan Awikoen, Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas; di rumah M Qosim,Jalan Jawa Perumahan Gresik Kota Baru (GKB); dan di Kantor DPD Partai Golkar Gresik,Jalan Panglima Sudirman.

Di rumah Sambari Halim Radianto yang juga Ketua DPD Partai Golkar Gresik itu langsung dipenuhi karanganbungauntukmemberikan ucapan selamat atas terpilihnya Sambari sebagai bupati Gresik periode 2010–2015. Bahkan, dalam waktu singkat rumah mantan wakil bupati periode 2000–2005 tersebut dipenuhi ratusan pendukungnya.

”Ini semua adalah kemenangan bersama,” ujar O’on,pendukung SQ. Sementara itu,putusan MK tersebut langsung menyebar ke seluruh warga di Gresik. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, aparat kepolisian gabungan Polres Gresik dan Polda Jawa Timur sejak siang melakukan penjagaan lokasi-lokasi vital. (ashadi ik/kholil)

0 ulasan:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP