Kamis, November 11, 2010

52 Calhaj BPIH Plus Gagal Berangkat



11 Nov 2010
(ANTARANEWS JAWA TIMUR)
Gresik - Sebanyak 52 calhaj asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang menggunakan fasilitas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) plus, gagal berangkat menunaikan ibadah haji, namun tidak ada penjelasan apa pun dari pihak penyelenggara.

Salah seorang calhaj dari bimbingan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) PT Menara Sejahtera di Gresik, Kamis, mengaku, sebelumnya telah dijadwalkan berangkat ke Mekkah pada Selasa (9/11), tetapi sampai pagi ini tidak ada kabar apa pun dari KBIH.

"Terakhir KBIH bilang Arab Saudi tidak mengabulkan permohonan visa kami. Kami malu dengan tetangga dan kolega-kolega kami, karena tidak jadi berangkat," kata calhaj asal Kota Gresik yang mengaku sudah menggelar selamatan dengan mengundang koleganya ini.

Ia bersama puluhan calhaj lainnya telah berkali-kali mengkonfirmasi KBIH, namun calhaj ongkos naik haji (ONH) plus ini selalu mendapat jawaban yamg sama.

"Berkali-kali tanya jawabanya sama. Bayarnya Rp57 juta, katanya ONH plus kok,"tandasnya.

Salah satu petugas KBIH di Jl Sumatera Komplek Perumahan Gresik Kota Baru, Zubairi mengatakan pihaknya telah berusaha agar calhaj berangkat sesuai jadwal, tetapi tetap gagal.

"Karena Kerajaan Arab Saudi menolak permohonan visa," kata Zubairi.

Sebagai solusi dan bentuk tanggungjawab KBIH Calhaj dijanjikan berangkat 2011 dengan menggunakan kuota pemerintah.

"Sekitar 40 orang yang setuju," ujarnya.

Sisanya, sebanyak 12 calhaj memilih menarik dananya sebesar Rp57 juta.

"Semua ongkos haji kita kembalikan utuh, tidak ada potongan, meskipun telah menerima seragam dan koper," terang Zubairi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Kementrian Agama, Kabupaten Gresik mengatakan pihaknya tidak mengetahui calhaj kuota non pemerintah. Yang pasti sebanyak 1.898 jumlah calhaj Gresik sudah berangkat semua.

"Kita tidak ikut beranggungjawab, karena kuota non-pemerintah. Yang bertanggungjkawab KBIH mereka sendiri," pungkasnya.

0 ulasan:

Agiel Surya Pratama Putra

Agiel Surya Pratama Putra

PeSaN & ChATiNg


ShoutMix chat widget

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP