Rabu, Oktober 07, 2009

Hari Ini Pemilihan Ketua Umum Golkar



Rabu, 7 Oktober 2009 | 08:49 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com — Musyawarah Nasional VIII Partai Golkar, Rabu (7/10), mengagendakan pemilihan ketua umum periode 2009-2014. Mereka yang sudah mencalonkan diri adalah Aburizal Bakrie, Surya Paloh, Yuddy Chrisnandi, dan Hutomo Mandala Putra akan mendaftarkan diri secara resmi sebagai bakal calon ketua umum.

Menurut jadwal, penjelasan tentang persyaratan dan tata cara pemilihan ketua umum serta pendaftaran dan verifikasi bakal calon ketum akan dilakukan sore nanti. Setelah diverifikasi, mereka yang dinyatakan memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai bakal calon ketua umum yang akan maju dalam pemilihan.

Syarat untuk menjadi bakal calon ketua umum:

* Pernah menjadi pengurus DPP Partai Golkar dan/atau sekurang-kurangnya pernah menjadi pengurus DPD Golkar provinsi dan/atau serta pernah menjadi pengurus organisasi pendiri dan yang didirikan selama satu periode penuh dan didukung oleh minimal 30 persen suara
* Aktif terus-menerus menjadi anggota Partai Golkar sekurang-kurangnya 5 tahun dan selama itu tidak pernah menjadi anggota parpol lain.
* Pernah mengikuti pendidikan dan latihan kader
* Memiliki prestasi, dedikasi, disiplin, loyalitas dan tak tercela
* Memiliki kapasitas dan akseptabilitas
* Tidak pernah terlibat G 30 S/PKI
* Bersedia meluangkan waktu dan sanggup bekerjasama secara kolektif dalam Partai Golkar.



Pemilihan bakal calon ketua umum menjadi calon dijadwalkan akan berlangsung pukul 19.30-22.00. Bakal calon yang mengantongi dukungan minimal 30 persen suara akan melaju ke putaran berikutnya untuk pemilihan calon ketua umum. Jika terdapat calon yang mengantongi dukungan 50 persen plus 1, maka secara aklamasi akan terpilih sebagai ketua umum dalam satu putaran.

Sebanyak 538 pemegang hak suara akan menggunakan hak pilihnya melalui pemilihan tertutup.

0 ulasan:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP