Sabtu, Oktober 24, 2009

Presiden Bertolak ke KTT ASEAN



24 Oktober 2009
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (24/10) pagi, bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Hua Hin, Thailand, untuk mengikuti KTT ASEAN ke-15. Dilepas oleh Wapres Boediono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Presiden berangkat didampingi Ibu Ani Yudhoyono.

Ikut di dalam rombongan antara lain sejumlah Kabinet Indonesia Bersatu II, yakni Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendag Mari Elka Pangestu, Menbudpar Jero Wacik, dan Mentan Suswono. Presiden juga mengikutsertakan Kepala BKPM Gita Wirjawan yang sebenarnya belum dilantik.

KTT ASEAN yang dibuka Kamis (22/10) lalu oleh PM Thailand Abhisit Vejjajiva, antara lain, akan membahas masalah penanganan krisis ekonomi, terutama untuk mendorong UKM yang terbukti mampu bertahan dari dampak krisis.

Hal lain yang disepakati dalam KTT ASEAN adalah berdirinya Badan HAM ASEAN. Juru bicara Presiden Dino Patti Djalal mengatakan, isu-isu yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain soal usulan Singapura mengenai hubungan pembangunan infrastruktur antarnegara ASEAN, keamanan pangan dan energi, ekonomi global, krisis keuangan serta perubahan iklim dan manajemen bencana.

Keberangkatan Presiden Yudhoyono ke Thailand ini merupakan kunjungan ke luar negeri yang pertama dilakukan Yudhoyono setelah dilantik sebagai Presiden RI periode 2009-2014 pada Selasa (20/10) lalu

0 ulasan:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP