Kamis, Juli 02, 2009

TKI di Malaysia Tewas Terjatuh dari Lantai 12

Rabu, 1 Juli 2009
Posts by: Sugeng Wibowo
MADIUN | SURYA Online - Lukman Fathony (26), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), tewas setelah terjatuh dari lantai 12 proyek bangunan di Johor, Malaysia, Senin (29/6). Saat ini pihak keluarga kini masih menunggu kedatangan jenasah Lukman.

Abdus Syukur (61), ayah korban, Rabu (1/7), mengatakan, dirinya mengetahui anaknya meninggal setelah ditelepon temannya yang bernama Robert.

“Katanya anak saya jatuh dari lantai 12 proyek bangunan. Namun mengapa dia bisa sampai terjatuh belum jelas,” katanya.

Lukman yang hanya lulusan sekolah dasar itu sudah bekerja di Malaysia sejak satu tahun yang lalu. Keberangkatannya ke Malaysia merupakan keberangkatan kedua kalinya. Sebelumnya, dia juga pernah bekerja di perkebunan kelapa sawit di Malaysia selama dua tahun.

“Setelah dua tahun itu, dia pulang, libur satu bulan lalu berangkat lagi. Dia bilang di Madiun sulit cari pekerjaan, kalau di sana mendapatkan pekerjaan mudah, apalagi ibunya juga bekerja sebagai TKI di Arab Saudi sejak tiga tahun yang lalu. Karena itu, dia memilih bekerja di luar Indonesia lagi,” cerita Abdus.

Keberangkatannya ke Malaysia melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTJI) PT Jati Surabaya. Informasi yang didapat Abdus, sisa gaji dan uang santunan dari perusahaan sebesar 6.500 ringgit atau senilai sekitar Rp 18 juta akan diberikan pada Abdus. Namun sampai kemarin uang ini belum diterimanya.

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun, peristiwa meninggalnya TKI asal Kabupaten Madiun ini merupakan peristiwa keempat tahun 2009 ini. Tiga TKI Lainnya meninggal karena sakit. antonius ponco a/kcm

0 ulasan:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP